Rabu, 26 September 2018

Ilmu Yang Bermanfaat

0

# YEHH 09_YukEmakHijrahHijrah


Ilmu yang Bermanfaat

Masih semangat belajar ya mak💪 Eh mak, ada yang bilang semakin banyak belajar, akan semakin banyak tahu. Nah kalo udah tahu, akan makin banyak kewajiban yang dijalankan. Trus ada emak-emak yang punya pola pikir, mending gak usah belajar, kan gak banyak tahu, akhirnya jadi gak wajib. Gawat tujuh turunan nih😇

Gini deh mak, terus terang saja. Emak pengin jadi orang pinter ato bodoh? Emak pengin jadi orang 'alim (orang yang berilmu) atau ahli ibadah? Bagaimana mungkin akan beramal banyak, sementara gak tahu ilmunya. Padahal ketika orang berilmu, dia akan lebih mengetahui dan memahami makna diri, makna hidup untuknya. Dengan berilmu akan lebih menjaga dirinya dari perbuatan-perbuatan yang hina dan tercela.

Ilman nafi'an (ilmu yang bermanfaat), menjadi salah satu bagian amal yang tidak akan terputus ketika diamalkan. Sekalipun orangnya sudah meninggal, namun saat ilmu itu ditularkan kepada orang lain, maka amalnya akan terus mengalir padanya. Pepatah bilang, gajah mati meninggalkan gading. Nah ketika orangnya sudah tiada, namun ilmunya akan tetap diamalkan orang. Ilmu yang bermanfaat loh mak. Ilmu yang semakin membawa kebaikan diri, masyarakat dan bangsa. Ilmu yang semakin mendekatkan diri dengan Pencipta, Alloh SWT.

Mak, pernah dengar gak? Kenapa setan lebih takut kepada ahli ilmu, ketimbang ahli ibadah. Iya karena ahli imu saat beribadah dia akan lebih banyak tahu ilmunya. Ibadahnya gak sembarangan. Dengan ilmunya dia lebih mengetahui mana ibadah yang diperintahkan, mana yang dilarang. Dengan ilmunya dia lebih mengetahui mana yang halal dan haram. Mana yang wajib dan sunnah. Jadi orang yang berilmu akan punya kedudukan lebih tinggi ketimbang ahli ibadah. Makanya setan akan takut pada ahli ilmu.

Banyak ayat yang menerangkan keutamaan orang yang berilmu. Diantarnya "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al-Mujadalah [58] ayat 11)

 “Katakanlah (Wahai Muhammad!): ‘Adakah sama orang-orang yang berilmu dengan orang-orang yang tidak berilmu?’”. (QS. Az-Zumar: 9)

Rasulullah SAW bersabda, "Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaanku atas orang yang paling rendah di antara kalian." Setelah itu beliau melanjutkan, "Sesungguhnya Allah, para malaikat, para penduduk langit dan bumi, bahkan semut di lubangnya, dan para ikan mendoakan pengajar kebaikan pada manusia." (HR At-Turmidzi).

Semoga uraian singkat ini, jadi penyemangat untuk tetap belajar mencari ilmu ya mak. Karena menuntut ilmu ini wajib, yuk mak kita saling menyemangati😍 Hamasah mak💪

0 komentar:

Posting Komentar