Rabu, 19 September 2018

Pakaian Takwa

0

Pakaian Takwa

Mak, malam ini kita ngebahas tentang pakaian takwa ya😍 klo udah ngantuk. Besok bacanya ampe tuntas ya😄 semoga ilmunya nyantol😋

Yups, perkara kedua setelah iman. Adalah terikat dengan syariatNya. Sebagai akibat atas iman manusia. Sehingga wajib terikat syariat. SyariatNya Allah itu ada banyak mak. Ada hukum seputar  ibadah. Hukum menutup aurot. Hukum pergaulan. Hukum bermuamalah. Hukum ekonomi. Dan masih banyak yang lainnya.

Khusus kali ini kita ngebahas hukum menutup aurot ya mak. Apa sih yang dinamankan aurot? Sesuatu yang tidak boleh dilihat, kecuali oleh mahromnya. Iya, inilah aurot. Anggota tubuh yang harus ditutup saat bertemu dengan non mahrom. Aurot laki-laki mulai dari pusar sampai lutut. Sementara aurot wanita. Seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan.

Rosululloh saw bersabda : "Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu, jika telah balig (mengalami haid), tidak pantas untuk ditampakkan dari tubuhnya kecuali ini dan ini- seraya menunjuk ke arah wajah dan telapak tangannya".

Nah mak. Islam mengkhususkan pakaian tertentu bagi wanita. Saat wanita keluar rumah. Bepergian. Berbelanja ke pasar. Ini yang dinamakan kehidupan umum bagi wanita. Yakni, kehidupan saat wanita berada di tempat umum. Bergaul dengan orang-orang bukan mahromnya. Nah pada saat inilah Islam memerintahkan wanita mengenakan pakaian khusus.

Bagaimana pakaian khusus bagi wanita itu. Pertama pakaian atas. Ini yang biasa disebut khimar/kerudung. Kain yang digunakan untuk menutup kepala hingga ke dada. Bisa dibuka dalilnya ya mak.

Dalam Qur'an surat An Nur : 31. "Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya.."

Kedua adalah pakaian bawah. Ini yang biasa dinamakan jilbab. Ingat..!! jilbab, bukan kerudung ya mak. Jilbab adalah pakaian panjang, longgar, tak transparan. Menutup aurot wanita. Terulur dari bawah sampai ke atas. Kalo dalam kamus al muhith, jilbab ini sering disebut sirdab (terowongan) dan sinmar (lorong). Jadi jilbab ini kalo istilah sekarang biasanya disebut jubah/gamis.

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (TQS. AL Ahzab :59)

Nah, kedua pakaian ini. Yakni khimar dan jilbab. Wajib dikenakan wanita saat keluar rumah ya mak. Pakaian taat agar tak maksiat. Pakaian takwa agar selalu terjaga. Semoga bisa memahaminya ya mak😍 Yang lebih penting lagi mengamalkannya😄 Semangat mak💪

# YEHH 04_YukEmakHijrahHijrah
#CambukDiri 18
#EmakJagoBisnis
#revowriter

0 komentar:

Posting Komentar